Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sebastian Vettel Boikot Balapan F1 GP Rusia Usai Ukraina Digempur

Pembalap Formula 1, Sebastian Vettel
Sumber :

100kpj – Sebastian Vettel langsung mengambil langkah tegas atas operasi militer yang dilakukan oleh Rusia di Ukraina. Juara dunia Formula 1 (F1) menegaskan menolak membalap di negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin itu.

F1 GP Rusia memang masuk dalam jadwal balap musim ini, tepatnya pada 25 September 2022 dan berlangsung di Sirkuit Sochi Autodrom. Rusia memang sudah langganan menggelar F1 sejak 2014.

Dengan kondisi perang seperti ini, Vettel menyatakan memboikot balapan di Rusia. Ini sebagai protes atas serangan yang dilakukan para tentara Rusia ke Ukraina hingga menimbulkan banyak korban jiwa.

"Menurut pendapat pribadi saya, jujur ketika saya bangun tadi pagi saya terkejut ketika mendengar berita. Melihat apa yang terjadi, saya pikir itu sangat mengerikan. Tentu, jika Anda melihat di kalender (Formula 1), kami memiliki jadwal balapan di Rusia," kata Vettel, mengutip dari BBC Sports.

"Menurut pendapat saya, saya tidak akan pergi ke sana (F1 Rusia). Saya pikir balapan di negara tersebut adalah hal yang salah. Saya meminta maaf untuk orang-orang yang tak berdosa telah kehilangan nyawa karena alasan bodoh di bawah kepemimpinan yang sangat aneh dan egois," lanjut mantan pembalap Ferrari ini.

Beberapa protes juga dilancarkan pembalap F1 lainnya, seperti Max Verstappen dan Fernando Alonso. Sementara itu, belum ada keputusan soal balapan F1 GP Rusia akan berlangsung atau ditunda pada musim ini.

Berita Terkait
hitlog-analytic