Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Langkahi Moge, Anies Baswedan Usulkan Sepeda Bisa Masuk Jalan Tol

Gowes Sepeda
Sumber :

100kpj – Di Indonesia jalan bebas hambatan atau Tol, hanya diperuntukan bagi kendaraan roda empat, truk, bus dan sejenisnya. Sedangkan kendaraan roda dua, meski memiliki tenaga yang besar seperti halnya moge tidak diperbolehkan.

Sebab ada banyak kontroversi yang timbul saat sejumlah pengguna moge meminta pemerintah agar diberikan akses masuk ke jalan bebas hambatan. Selain itu, faktor keamanan atau keselamatan masih perlu dipertimbangkan.

Sehingga sampai saat ini sepeda motor dengan mesin berkapasitas besar belum diizinkan untuk masuk ke jalan Tol. Sedangkan sepeda yang hanya mengandalkan tenaga manusia sedang diusulkan untuk masuk ke dalam jalan Tol.

Pesepeda di jalur khusus

Artinya pengguna moge telah dilangkahi oleh pesepeda. Rencana bersepeda melewati jalan bebas hambatan tersebut diusulkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Hal tersebut terkait dari animo pengguna sepeda yang terus melonjak di tengah pandemi. Sebelumnya, beredar surat permohonan Gubernur untuk Menteri PUPR agar sepeda bisa melintasi jalan bebas hambatan pada setiap hari Minggu.

“Mohon kirannya Menteri PUPR dapat memberikan izin pemanfaatan satu ruas jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok), sisi barat sebagai lintasan road bike guna mengakomodir pengguna sepeda setiap hari Minggu pukul 06.00-09.00,” tulis keterangan tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic