Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bukan Nouvo atau Mio, Ini Motor Matik Pertama di Indonesia

Ilustrasi Motor Matik
Sumber :

100kpj – Sebagian dari kita mungkin mengira, Yamaha merupakan merek roda dua pertama yang melahirkan skuter matik di Indonesia. Sebab, saat kendaraan bertransmisi otomatis itu belum banyak beredar, mereka sudah memiliki produk di segmen tersebut, yakni Nouvo dan Mio.

Namun, ada juga yang berpendapat, sebelum Yamaha, perusahaan asal Taiwan bernama Kymco lebih dulu membuatnya. Kala itu, pada awal tahun milenium, mereka menghadirkan Jetmatic sebagai motor yang digandrungi konsumen dalam negeri.

Meski begitu, pada faktanya bukan Yamaha ataupun Kymco yang pertama kali menjual skuter matik di Tanah Air, melainkan Vespa melalui produknya yang bernama PK125 atau acap disebut Corsa.

Baca juga: Penemu Motor Pertama di Dunia Ternyata Masih Jadi Perdebatan

Dilansir 100KPJ dari berbagai catatan sejarah, Vespa Corsa mengawali debutnya di pentas global pada penghujung 1984. Kemudian di tahun 1991, skuter matik berbaju besi itu dibawa masuk ke Tanah Air oleh agen pemegang merk bernama PT Dan Motor Vespa Indonesia atau DMVI, yang mendapat lisensi utuh dari pabrikan Piaggio di Italia.

Vespa Corsa

Saat pertama kali diluncurkan, Vespa Corsa sebenarnya ditujukan untuk konsumen wanita. Hal itu terlihat melalui dimensinya yang mungil, dengan menggunakan platform small frame seperti Vespa PTS 90 dan 100. Selain itu, transmisinya yang otomatis juga memudahkan kaum Hawa menggunakannya.

Berita Terkait
hitlog-analytic