Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tarif Ojek Online Mau Naik, Yakin Konsumen Enggak Kabur?

Demo ojek online
Sumber :

100kpj – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berencana menaikan tarif ojek online pada awal bulan depan. Kenaikkan tersebut mengacu pada beberapa faktor, mulai dari inflasi, hitung-hitungan asuransi, hingga kenaikan jaminan kesehatan BPJS.

“Saya sampaikan kepada masyarakat bahwa kenaikan pasti disesuaikan dengan willingness to pay (kemampuan daya beli). Saya juga akan melibatkan pihak YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia,” terang Budi seperti dikutip VIVA.co.id, Rabu 22 Januari 2020.

Baca juga: Gokil, Pendapatan Driver Ojol Ini Sukses Bikin Warganet Bengong

Namun demikian, rencana Menhub menaikkan tarik ojol mendapat kecaman dari berbagai pihak. Bukan saja konsumen yang merasa terbebani, malah para driver juga khawatir andaikata pelanggannya kabur dan memilih moda transportasi lain.

Driver ojek online.

Peneliti The Indonesian Institut, Muhammad Rifki Fadilah mengatakan, rencana kenaikan tarif ojol tak bisa dilakukan seenaknya dan mendadak. Ia berharap, pemerintah bisa memperhatikan kondisi masyarakat Tanah Air terkait kondisi ekonomi serta ketersediaan untuk membayar.

“Kenaikan tarif ojol ini tidak bisa begitu saja dilakukan, mendadak pula. Ini malah justru memberatkan konsumen dan boomerang juga bagi driver,” ujarnya di Jakarta.

Berita Terkait
hitlog-analytic