Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Salah Kaprah Main Hape di SPBU, Bagaimana Sih Kebenarannya?

Main Ponsel di SPBU
Sumber :

100kpj – Saat berada di stasiun pengisian bahan bakar atau SPBU, kita kerap menemukan tanda peringatan yang berisikan himbauan mengenai pelarangan bermain ponsel saat mengisi bahan bakar. Praktis, pemilik kendaraan yang berada di lokasi pun mematuhi hal tersebut, guna berjaga-jaga dari kemungkinan terjadinya ledakan.

Benar bahwa di SPBU kita dilarang bermain ponsel, namun hingga kini pihak yang merumuskan pelarangan tak pernah benar-benar menjelaskan mengenai dampak yang terjadi seandainya hal tersebut dilanggar. Benarkah bisa memicu ledakan seperti yang dipercaya banyak orang?

Main Ponsel di SPBU

Dikutip dari laman CBC, Kamis 8 Januari 2020, Standar Teknis dan Otoritas Keselamatan (TSSA) Toronto, Kanada mengungkapkan fakta terbaru terkait hal tersebut. Salah satu perwakilan mereka menyebut, anggapan mengenai bermain ponsel di SPBU dapat memicu terjadinya ledakan, merupakan sebuah kekeliruan besar.

“Berdasarkan data, tidak pernah terjadi hal itu (ledakan saat bermain ponsel di SPBU) Toronto. Jadi kami merasa tenang dan memutuskan untuk menerapkan pendekatan berbasis risiko. Namun, kami akan mengizinkan penggunaan ponsel di pom bensin, karena itu aman,” ujar Direktur Keamanan Bahan Bakar TSSA, John Marshall.

Baca juga: Polemik Pelebaran Trotoar di Jakarta, Sering Dijadikan Lahan Parkir

Sedang menurut perwakilan Asosiasi Bahan Bakar Kanada, Marc Gagnon, anggapan bahwa bermain ponsel di SPBU dapat memicu ledakan bisa saja dipercaya. Tapi itu dulu, bukan kini. Sebab, berbeda dengan ponsel keluaran pertama, ponsel pintar yang banyak beredar sekarang memiliki tegangan baterai lebih rendah.

Berita Terkait
hitlog-analytic