Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cukup Mengganggu, Ini Penyebab Rem Motor Berdecit

Rem cakram.
Sumber :

100kpj –  Di beberapa wilayah Indonesia kini sudah memasuki musim penghujan, bahkan banjir terjadi di sekitar Jabodetabek.  Nah, banjir tersebut biasanya memberikan efek buruk bagi kendaraan kita.

Salah satunya adalah rem yang berdecit, atau sedikit kehilangan daya pengereman. Ini akibat ban yang terendam oleh air yang kotor.

Baca Juga:
Tekan Polusi Udara, Mobil Tua Resmi Dilarang Melintas di Jalan

Pembalap MotoGP Juga Gunakan Jas Hujan, Gila Harganya

Sudah Musim Hujan, Ini Cara Memilih Jas Hujan yang Tepat

Jangan Sepelekan! 9 Tips Aman Berkendara Saat Hujan dan Banjir


Hal tersebut tentunya membuat keamanan dan kenyamanan kita saat berkendara akan terganggu.  Lalu, sebenarnya apa saja faktor penyebab hal itu terjadi?

1. Kampas Rem Mulai Tipis
Berdecit bisa jadi karena kampas rem yang mulai tipis. Bunyinya disebabkan dari gesekan besi pada kampas rem bergesek ke piringan cakram. Jika didiamkan, rem tidak akan bekerja maksimal, keamanan yang terancam.

2. Kampas Rem Keras
Selain karena kondisi kampas yang mulai tipis, bunyi berdecit juga bisa dihasilkan dari kampas rem yang mengeras akibat pengendara terlalu sering menarik tuas rem.

Gesekan tersebut membuat kampas dan membuat decitan ketika mengerem. Jika sudah seperti ini, penggantian kampas rem wajib dilakukan.

kampas rem


3. Kampas Rem Tercampur Kotoran
Terkontaminasinya kampas rem dengan kotoran bisa menjadi penyebab keluar bunyi berdecit. Kotoran yang dimaksud adalah debu atau lumpur yang menempel ketika kita melintas.

Cara paling mudah yaitu selalu membersihkan piranti rem.Untuk rem cakram dengan cara menyemprot bagian kampas dan piringan dengan air bersih.
Berita Terkait
hitlog-analytic