Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Nambah 300 Unit, Makin Banyak Ojol 'Narik' Pakai Motor Listrik

Gojek pakai PCX listrik.
Sumber :

100kpj – Kementerian Perindustrian bersama New Energy and Industrial Tecknology Develpoment Organization siap menggunakan ratusan unit Honda PCX Electric untuk proyek percontohan dalam peningkatan efisiensi energi di beberapa daerah.

Hal ini merupakan tambahan langkah serupa yang sebelumnya sudah digarap antara Gojek dan Astra di Jakarta. Menurut Direktur Jenderal Industri, Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Electronika, Kemenperin Harjanto, pilot project ini merupakan demonstrasi dan studi kendaraan listrik yang dilaksanakan di Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Provinsi Bali.

“Proyek demontrasi kendaraan listrik akan dilakukan melalui skema leasing kepada konsumen langsung serta oleh pelaku bisnis,” ujarnya dalam keterangan resminya.

Harjanto menjelaskan, dalam proyek ini menggunakan 300 unit PCX listrik, 1.000 baterai, 40 unit Bex Station (Baterai Exchanger Station) dan empat unit mobil listrik (Mikro EV). Menariknya pengujian skutik listrik itu akan digunakan ojek online di Bandung dan Bali.

“Demonstrasi ini juga melibatkan Gojek dan Grab yang mewakili pengguna motor listrik, dan untuk mengakselarsi peningkatan penggunaan kendaraan listrik. Karena kedua perusahaan itu memupunyai puluhan juta pengguna aktif dan ratusan ribu mitra pengemudi,” tuturnya.

Lebih lanjut Herjanto menjelaskan, proyek demonstrasi ini tidak hanya bertujuan untuk mengenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat. Tapi juga untuk mendorong tumbuhnya pasar sebagai basis pengembangan industrinya di dalam negeri.

Berita Terkait
hitlog-analytic