Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Catatan Penting Smart SIM, Rekam Tilang hingga Ganti e-Money

Surat Izin Mengemudi.
Sumber :

100kpj – Surat Izin Mengemudi (SIM) versi canggih segera akan diluncurkan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia. Namanya Smart SIM dan soft lauching telah dilakukan sebelum secara resmi akan diluncurkan pada 22 September 2019 mendatang bertepatan dengan Hari Lalu Lintas Bhayangkara.

Embel-embel Smart yang disematkan tentu punya arti. Menurut Kakorlantas Polri Irjen Polisi Refdi Andri di sela peluncuran, seperit dilansir dari VIVA.co.id, ada beberapa kecanggihan dari SIM 'pintar' yang akan segera diluncurkan Korlantas Polri tersebut.

Yang pertama, Smart SIM ini bisa mengantikan peran e-Money atau kartu uang elektronik. "Ya, bisa digunakan untuk e-Money, bisa menjadi uang elektronik dan saldo yang kita disiapkan maksimal Rp2 juta," kata Jenderal Bintang Dua itu.

Pengendara ditilang polisi


Namun hingga saat ini, pihak Korlantas belum bisa memastikan bank yang akan diajak bekerja sama dengan program SIM pintarnya tersebut. Terlebih saat ini, Kakorlantas masih dalam taraf uji coba sebelum benar-benar meluncurkannya pada 22 September mendatang.

Catatan penting lainnya dari Smart SIM yakni dilengkapi chip layaknya telepon seluler. Fungsi dari chip ini adalah sebagai penyimpanan data diri pengendara. Tak hanya data forensik seperti nama, alamat dan tempat tanggal lahir pemilik, chip ini juga akan menyimpan nomor telepon orang terdekat.

Ilustrasi tilang.


Dan yang terpenting, chip ini juga akan menyimpan semua daftar pelanggaran yang pernah dilakukan sang pemegang kartu Smart SIM. Bisa tertera di sana (Smart SIM) apa saja pelanggaran yang pernah dilakukan oleh pemilik SIM atau pengemudi.

Catatan terakhir yang tak kalah penting, Smart SIM ini juga tak bisa dipalsukan. Tampilan Smart SIM juga berbeda jauh dengan SIM konvensional atau yang saat ini banyak digunakan. Pada bagian depan kartu ada dua foto berukuran kecil dan besar untuk keamanan yang berfungsi sebagai foto utama dan foto keamanan.

"Ada beberapa kelebihan lain terutama pada security-nya, jadi ini menggunakan security tingkat tinggi, artinya tidak bisa dipalsukan, tidak bisa dicontoh, tidak bisa dimodifikasi. Jadi banyak pembedanya," kata Kakorlantas.

Berita Terkait
hitlog-analytic