Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

SIM Bisa Dicabut! Polisi Bakal Terapkan Tilang Sistem Poin

Smart SIM.
Sumber :

100kpj – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan memberlakukan sistem pemberian poin kepada pemegang surat izin mengemudi (SIM) yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Polisi pun bisa mencabut SIM tersebut pada jumlah poin tertentu.

Sebenarnya, Landasan dari aturan tilang poin ini sudah terdapat dalam Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penertiban dan Penandaan Surat Izin Mengemudi. Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, meminta aturan ini segera disosialisasikan.

"Karena harapan kita bukan karena kita pengin memberikan poin, tapi bagaimana supaya masyarakat menjadi lebih patuh berlalu lintas. Jadi ini dipersiapkan," kata Listyo, Selasa 26 September 2023.

"Saya kira bagus, namun sosialisasinya juga harus kuat sehingga kemudian pada saat mendapatkan poin yang kemudian berdampak terhadap risiko pencabutan (SIM), ini bisa diterima dengan baik. Jadi hal-hal tersebut tolong disosialisasikan," lanjutnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ini mengatakan penerapan ini harus betul-betul dihitung juga dievaluasi. Hal itu supaya, masyarakat paham saat diterapkan.

"Jadi, memberikan poin atau tanda terhadap pelanggaran-pelanggaran yang ada. Tolong nanti betul-betul dihitung, dievaluasi," ujarnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic