Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

2023 Pemudik yang Naik Motor Bisa Mencapai 25 Juta Orang, Ini yang Dilakukan Kemenhub

Mudik dengan motor.
Sumber :

100kpj – Mudik sudah menjadi tradisi warga Indonesia menyambut Hari Raya Idul Fitri. Mereka yang merantau ke daerah lain ingin pulang ke kampung halaman saat masa Lebaran dengan menggunakan pelbagai alat transportasi.

Salah satunya sepeda motor, meski banyak pilihan transportasi umum seperti bus, atau kereta, motor masih menjadi pilihan sebagian pemudik. Padahal resikonya cukup besar, terlebih jarak tempuhnya yang cukup jauh.

Macet saat PPKM Darurat

Selain itu tingkat keselamatan, atau keamanan kerap diabaikan dengan mengangkut beban, atau bawa penumpang melebihi kapasitas sepeda motor. Bahkan musim mudik 2023, Kementerian Perhubungan prediksi jumlah pemudik yang menggunakan motor masih tinggi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik terutama jika menempuh perjalanan jarak jauh, karena potensi kecelakaannya sangat tinggi. 

“Kami melihat pengguna motor untuk mudik tahun ini masih cukup tinggi,” ujar Menhub dalam keterangannya, Senin 27 Maret 2023.

Seperti diketahui, Kemenhub memprediksi bahwa jumlah pemudik tahun ini melonjak tajam dari 85 juta orang di 2022, menjadi 123,8 juta pemudik di tahun ini. Sebagian besar masih menggunakan kendaraan pribadi.

Berita Terkait
hitlog-analytic