Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Generasi Milenial Lebih Pilih Gojek daripada Grab, Ini Alasannya

Ilustrasi ojek online.
Sumber :

100kpj – Baru-baru ini lembaga riset Alvara merilis hasil survei berkaitan dengan preferensi generasi milenial terhadap produk penyedia layanan digital.

Riset menyebut, ada tiga aplikasi seluler paling populer di kalangan milenial. Aplikasi pertama, ditempati transportasi daring (96,4 persen), pengiriman makanan daring (87,8 persen), dan aplikasi belanja (76,9 persen).

"Pasar milenial jadi pasar terbesar dan potensial di Indonesia, baik dari sisi jumlah maupun perilaku yang berbeda dengan segmen pasar lainnya," ujar Chief Executive Officer Alvara, Hasanuddin Ali, di Hotel Four Points, Jakarta, baru-baru ini.

Hasan menyampaikan, Gojek menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh milenial. Mulai dari berbagi tumpangan, pengiriman makanan, hingga pembayaran digital.

Pada layanan transportasi daring, Gojek dipilih oleh 70,4 persen responden, sedangkan kompetitornya, Grab, dipilih 45,7 persen responden. Dalam catatan, responden juga diizinkan untuk memilih lebih dari satu aplikasi dalam jawaban mereka.

"Ada satu keunggulan dari Gojek sebagai pionir, ekosistemnya terintegrasi, antara transportasi digital, pengiriman makanan, dan pembayaran digital," jelas Hasan.

Survei itu juga menggunakan skor promotor bersih (NPS), indeks berkisar -100 hingga 100 yang mengukur keinginan pelanggan untuk merekomendasikan layanan perusahaan kepada orang lain.

Di antara semua responden, pengguna merekomendasikan Gojek dengan NPS 18,9, melampaui NPS Grab sebesar 10,1. "Top of mind merek transportasi daring menurut 68,4 persen itu Gojek, sedangkan 31,6 persen memilih Grab," tuturnya.

Gojek juga memimpin segmen pengiriman makanan karena 71,7 persen responden memilih Go-Food, sedangkan hanya ada 39,9 persen responden menggunakan GrabFood.

Survei Alvara dilakukan dari 3-30 April 2019. Survei ini melibatkan 1.204 responden di Jabodetabek, Bali, Padang, Yogyakarta, dan Manado dan menggunakan metode cluster random sampling. (viva)

Berita Terkait
hitlog-analytic