Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Waktu Pertama Muncul, Honda C50 Punya Harga Mahal Banget

Honda C50.
Sumber :

100kpj – Pabrikan otomotif asal Jepang, Honda, sempat menggebrak pasar sepeda motor dunia setelah di tahun 1960 melahirkan bebek bertubuh ceking dengan nama Super Cub. Puncaknya, enam tahun setelah pertama kali dikenalkan, pabrikan berlogo sayap mengepak itu meraih hasil maksimal berkat penjualan Super Cub tipe C50 di pasar global.

Bisa dibilang, motor tersebut merupakan varian Super Cub paling diminati setelah C70. Melansir laman resmi Honda Global, Kamis 4 Juli 2019, Super Cub C50 merupakan satu dari beberapa produk Honda yang masuk kategori mewah. Di tahun 1966, motor ikonik itu dibanderol senilai US$295 atau setara dengan Rp4,1 juta.

Meski terbilang murah untuk masa kini, namun kala itu harga tersebut bisa dikatakan sangat mahal. Willy Toshiki, selaku Vice President Honda regional Amerika Utara, bahkan mengatakan jika angka yang dipatok Honda tidak masuk akal.

“Harga Honda C50 saat itu US$295. Tetapi, di waktu yang sama biaya rental rumah saya hanya US$40 per bulan. Itu perbedaan yang mencolok,” ujarnya.



Kendati mahal, namun kenyataannya peminat motor itu terbilang banyak. Willy bahkan tidak pernah menduga hal itu sejak awal.

“Meskipun saat itu motor berukuran kecil belum populer dan tidak banyak dijual di negara besar, tetapi Super Cub—terutama untuk tipe C50, mendapat sambutan yang luar biasa baik,” kata dia.

Honda C50 sendiri mengusung kapasitas mesin 49,5cc bersilinder tunggal. Dibekali transmisi tiga-percepatan dengan sistem pengapian platina, motor mampu menghasilkan tenaga 4,8 daya kuda.



Meski sudah mulai langka, keberadaan tunggangan legendaris itu masih bisa ditemukan di beberapa forum jual beli online.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic