Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Dulu Ada Moncongnya, Mengapa Truk Sekarang Rata-rata Pesek?

Truk Zaman Dulu, Bermoncong
Sumber :

100kpj – Dalam perkembangannya, mobil truk mengalami revolusi besar-besaran. Jika dulu kepalanya bermoncong, kini justru dibuat pesek alias rata. Meski secara tampilan lebih baik, namun belum banyak pihak mengetahui penyebab utama di balik perubahan tersebut.

Saat ini, truk bermoncong sudah sulit ditemukan di jalan-jalan, terutama di wilayah perkotaan. Kita mungkin hanya bisa menemukannya di daerah-daerah terpencil atau pedalaman, itupun mesinnya sudah batuk-batuk dan menyemburkan asap hitam. Lantas, apa yang membuat pabrikan truk mengubah wajah kendaraan menjadi pesek?

truk

Baca juga: Fenomena Truk Oleng, Aptrindo: Masyarakat dan Sopir Sama Gilanya

Instruktur Training Center PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Thomas Wijanarka mengatakan, dimensi kendaraan niaga yang dijual di Indonesia harus mengikuti regulasi atau aturan yang berlaku, yakni Peraturan Pemerintah atau PP Nomor 55 Tahun 2012 tentang kendaraan. 

"Berdasarkan PP itu, panjang total truk maksimal 12.000 milimeter, dan lebar baknya tidak boleh lebih dari 50mm ke kiri dan kanan. Sehingga ujung bak masih bisa terpantau oleh sopir lewat kaca spion," ujar Thomas disitat dari VIVA Otomotif, Senin 16 November 2020.

Truk mancung
Berita Terkait
hitlog-analytic