Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jakarta dan Kota Besar Lainnya Butuh Angkutan Umum Bertenaga Listrik

Bus Transjakarta listrik
Sumber :

100kpj – Demi mengurangi polusi udara yang dicemarkan dari mesin pembakaran kendaraan bermotor, sejumlah pabrikan di dunia memproduksi kendaraan ramah lingkungan. Diantaranya mengusung teknologi hybrid, hingga bertenaga full listrik.

Diketahui, teknologi hybrid biasanya menggabungkan mesin pembakaran dengan motor lsitrik, artinya masih ada emisi yang dihasilkan. Sedangkan kendaraan full listrik tidak menghasilkan emisi karbon, karena digerakkan dinamo.

Namun bukan hanya kendaraan pribadi yang ditawarkan dalam varian hybrid atau full listrik, angkutan umum yang dapat mempaung banyak penumpang juga memiliki teknologi serupa. Mulai dari kereta, hingga bus bertenaga listrik.

BYD Bus Listrik Bakeri

Beberapa negara di dunia telah mengalihkan transportasi umum, dari mesin pembakaran menjadi EV (Electric Vehicle). Di Indonesia, Transjakarta sebagai penyedia busway juga sedang melakukan uji coba bus listrik dari Bakeri Autoparts.

Chief Executive Officer Bakrie Autoparts, Dinno A. Riyandi mengatakan, Bakrie Autoparts telah mempersiapkan strategi hingga 10 tahun ke depan. Sebab sejak awal ingin menjadi pelopor industri kendaraan listrik, terutama transportasi umum.

Dinno mengatakan, kebutuhan moda transportasi umum ramah lingkungan, terutama yang mengandalkan energi listrik sebagai penggeraknya itu dibarengi dengan beberapa alasan, yakni tingkat polusi udara di kota-kota besar Indonesia yang sangat tinggi.

Berita Terkait
hitlog-analytic