Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Alasan Pemerintah Mau Naikkan Pajak Motor Bensin

Pengunjung di IMOS 2022
Sumber :

100kpj –  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah berencana untuk menaikkan pajak motor konvensional atau motor berbahan bakar bensin. Lalu apa alasan di balik kenaikan pajak tersebut?

Menurut Luhut, pemerintah tengah menggodok kenaikan pajak tersebut. Nantinya, jika terealisasikan nantinya akan dialokasikan untuk transportasi publik seperti LRT.

"Tadi kita juga rapat, dan pemerintah tengah menyiapkan kebijakan menaikkan pajak untuk sepeda motor konvensional, sehingga nanti itu bisa subsidi ongkos-ongkos seperti LRT atau kereta cepat," kata Luhut dalam video di peluncuran mobil BYD, Kamis 18 Januari 2024.

Luhut Binsar Pandjaitan

Wacana kenaikan pajak motor bensin ini pun akan dibawa ke rapat terbatas. Kemudian menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo seperti apa soal wacana tersebut.

"Tadi langkah-langkah lain yang sedang kita rumuskan nanti hari Jumat kita akan dengarkan laporan sehingga nanti minggu berikutnya akan kami bawa ke ratas (rapat terbatas) dan kita minta keputusan dari Bapak Presiden," ucap Luhut.

Ini sendiri bukan upaya pertama pemerintah dalam menekan polusi udara. Misalnya dari penerapan ganjil genap hingga menaikkan pajak, sampai akhirnya menyiapkan infrastruktur agar masyarakat menitipkan mobilnya atau motornya.

Berita Terkait
hitlog-analytic