Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Menteri Luhut Punya Jurus Indonesia Eksis di Pasar Otomotif Dunia

Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :

100kpj – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menilai bahwa selama puluhan tahun, sumber daya alam Indonesia mulai dari tambang hingga hasil pertania, dikirim melalui kapal ke luar negeri dalam wujud bahan mentah.

Apalagi hasil tambang nikel ore, yang merupakan bahan penting untuk pembuatan baterai lithium. Makanya kedepannya pemerintah akan mencoba untuk meningkatkan nilai dari sumber daya yang diekspor tersebut.

"Sekarang kita coba lakukan dengan nikel ore ini, yang akan sampai pada baterai lithium," ungkap Menteri Luhut seperti yang dikutip 100KPJ.com dari Vivanews, Senin 22 Juni 2020.

Luhut Binsar

Baca juga: Ada Ojol Tertembak dan Toyota Fortuner dalam Penyerangan di Green Lake

Lebih lanjut Luhut menjelaskan bahwa, saat ini cadangan komoditas nikel ore yang ada di Indonesia jumlahnya kurang lebih 40 persen dari stok dunia. Selain itu, kualitasnya diklaim merupakan yang teratas, karena kita sudah memiliki teknologi untuk mengekstrak nikel ore kualitas rendah menjadi kobalt.

Itu sebabnya, ia memprediksi empat tahun lagi Indonesia bisa memiliki industri baterai lithium dengan kualitas sesuai standar dunia. Sehingga, bisa memenuhi permintaan akan kebutuhan catu daya untuk kendaraan listrik yang semakin banyak digunakan karena bebas emisi dan efisien.

Berita Terkait
hitlog-analytic