Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Daihatsu Indonesia Pecat Ribuan Karyawan di Tengah Pandemi Covid-19

Logo Daihatsu
Sumber :

100kpj – Sejak virus corona atau covid-19 melanda Indonesia pada awal Maret 2020, kondisi ekonomi mengalami penurunan. Dengan kondisi tersebut, penjualan mobil baru juga merosot tajam dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Bahkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sebagai asosiasi yang menaungi sejumlah merek mobil di Tanah Air memperdiksi penjualan kendaraan roda empat sepanjang tahun ini menurun hingga 50 persen. 

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil dari diler ke konsumen mulai dari Januari sampai Mei 2020 hanya mencatatkan angka 260.716 unit. Sedangkan di tahun lalu dalam periode yang sama, penjualan retail masih mencapai 434.466 unit.

Toyota Calya buatan pabrik Daihatsu

Dengan kondisi tersebut, sejumlah agen pemegang merek kendaraan merombak strategi. Salah satunya menurunkan kuota produksi, untuk menyesuaikan permintaan pasar retail. Maka tidak heran jika ada karyawan yang harus diberhentikan.

Seperti yang dilakukan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai agen pemegang merek mobil Daihatsu di Tanah Air. Untuk memaksimalkan kinerja perusahaan di tengah pendapatan yang menurun, sudah ada ribuan karyawan Daihatsu yang dipecat.

Corporate Planning & Communication Director PT ADM, Amelia Tjandra mengatakan untuk karyawan di ADM tidak ada yang di PHK. Tetapi mereka yang masa kontraknya habis, untuk saat ini diputuskan tidak masa perpanjangan lagi, atau diberhentikan.

Berita Terkait
hitlog-analytic