Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jokowi Sebut Mudik & Pulkam Beda, Tengku Zul Teringat Kasus Al Maidah

Tengku Zulkarnain
Sumber :

100kpj – Pada wawancara khusus yang dipandu Najwa Shihab, Presiden Joko Widodo mengejutkan penonton melalui pernyataannya yang menyebut ‘mudik’ tak sama dengan ‘pulang kampung’. Sang pemimpin negara itu beranggapan, perbedaan keduanya terletak pada waktu.

“Kalau mudik itu di hari lebarannya. Kalau pulang kampung itu bekerja di Jakarta pulang ke kampung asalnya," ujar Jokowi, dikutip Kamis 23 April 2020.

Baca juga: Jokowi Bedakan Arti Mudik & Pulang Kampung, Netizen: Perlu Revisi KBBI

Sontak pernyataan Jokowi itu langsung menjadi perbincangan di media sosial. Bahkan, tagar presiden dan mudik menjadi salah satu topik yang paling banyak dituliskan di Twitter. Hal itu pun memicu Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Tengku Zulkarnain turut menuliskan cuitan.

Bus Antar Kota

Dilansir dari akun bernama @ustadtengkuzul, sosok yang dikenal keras mengkritisi pemerintah itu berpendapat bahwa mudik dan pulang kampung sejatinya menyimpan arti dan makna serupa. Itulah mengapa, pernyataan Jokowi sempat membuatnya bingung.

“Sebagai salah satu insan linguistik, yang saya tahu selama ini mudik itu artinya pulang ke kampung. Apakah sekarang ada kosakata baru di Kamus Besar Bahasa Indonesia yang membedakan arti keduanya?” tulis Zul.

Berita Terkait
hitlog-analytic