Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Diam-diam Ma’ruf Amin Koleksi Mobil Mewah, Dibeli Sebelum Jadi Wapres

Ma'ruf Amin
Sumber :

100kpj – Wakil Presiden atau Wapres Indonesia, Ma’ruf Amin diam-diam menyimpan ketertarikan di bidang otomotif. Bahkan, menurut laporan hasil kekayaan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), dirinya diketahui mempunyai dua unit mobil mewah buatan Jepang.

Pertama, yakni Toyota Fortuner lansiran 2017 senilai Rp420 juta, kemudian ada Toyota Alphard buatan 2018 dengan harga Rp975 juta. Kedua mobil yang dibelinya semasa belum menjabat sebagai orang nomor dua di Indonesia itu bertotal Rp1,39 miliar.

Toyota Alphard

Menariknya, uang yang dikeluarkan Ma’ruf untuk membeli kendaraan jauh lebih banyak dari yang dikeluarkan sang Presiden, Joko Widodo. Padahal, di beberapa kesempatan, Jokowi justru yang lebih sering menunjukkan kecintaannya terhadap dunia otomotif kepada publik.

Dilansir dari laporan yang sama, Rabu 22 April 2020, total suluruh harta bergerak Jokowi bernilai Rp1,007 miliar atau sekira Rp380 jutaan lebih sedikit dari milik Ma’ruf Amin. Kendaraan termurahnya yakni motor bebek Yamaha Vega keluaran 2001 yang bernilai Rp2,5 juta.

Baca juga: Intip Kekayaan Hary Tanoe, Mobilnya Saja Bernilai Puluhan Miliar

Selain itu, koleksi kendaraan Jokowi yang lainnya berangkat dari berbagai segmen, mulai dari penumpang hingga komersil, seperti Suzuki Pickup 1997 seharga Rp10 juta, dua unit Isuzu Truck 2002 yang masing-masing bernilai Rp50 juta dan Rp60 juta. Lalu, ia diketahui juga menyimpan dua unit mobil Nissan di garasi rumahnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic