Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ngerinya F-35, Jet Tempur Siluman AS Incaran Baru Indonesia

Jet Tempur F-35
Sumber :

100kpj – Sejak awal tahun, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto nampak belum sepenuhnya yakin dalam menentukan jet tempur mana yang ingin dibeli. Setelah sebelumnya sempat mengincar pesawat buatan Perancis, Rafale Dassault, kini Ketua Umum Gerindra itu harus melalui negosiasi sengit dengan Rusia terkait pembelian Sukhoi SU-35.

Namun sialnya, rencana memboyong jet tempur Rusia ke Indonesia menemui banyak hambatan. Sebab, Amerika Serikat (AS) mengirim ancaman ke Tanah Air berupa sanksi ekonomi seandainya negosiasi dengan Rusia tersebut berhasil. Hal itu mengacu pada aturan yang tertulis di Countering America's Adversaries Through Sanctions Act.

Prabowo Subianto

Tak hanya memerintahkan Indonesia untuk membatalkan kontrak pembelian Su-35 dari Rusia, pihak AS juga menawarkan Indonesia untuk membeli F-16 buatannya.

Baca juga: Dapat Tekanan dari AS, Menhan Prabowo Batal Beli Jet Tempur SU-35?

Namun demikian, Indonesia menolak dan lebih tertarik membeli F-35 karena jet tempur itu dikembangkan dalam program Joint Strike Fighter atau JSF dengan para negara mitra. Lantas, sehebat apa jet tempur tersebut?

Dilansir dari laman resmi F-35, Kamis 19 Maret 2020, jet tempur tersebut merupakan pesawat generasi kelima yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan Sukhoi SU-35.  Salah satu fitur andalan F-35 ialah 'Stealth' atau bahasa ilmiahnya Low Observable (LO). Teknologi itu membuat keberadaan pesawat sulit diendus lawan lantaran Radar Cross Section (RCS) yang amat kecil.

Berita Terkait
hitlog-analytic