Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tak Secantik Namanya, Ini Kehebatan Ransus Raisa

Ransus Raisa
Sumber :

100kpj – Kadang ketika mendengar kata Riasa, yang terbayang adalah sosok wanita cantik berambut panjang yang suaranya bisa membuat suasana menjadi nyaman, tapi berbeda dengan Raisa yang dimiliki Polisi Republik Indonesia. Yup, itu Raisa yang punya arti Pengurai Massa. Kendaraan khusus ini sering terlihat di kerumunan orang yang sedang demo.

Kendaraan ini menggunakan basis Toyota Hilux Double Cabin dengan mesin diesel kapasitas 2.500 cc dan mesin bensin 2.000cc, yang dimodifikasi dengan menggunakan pelindung menggunakan rangka pipa tubular dan jaring besi pengaman jendela kaca. 

Ransus Raisa sendiri telah disebar merata ke seluruh wilayah Tanah Air pada 2018. Setiap satuan kepolisian (Polda-Polres) di Pulau Jawa mendapat dua unit kendaraan. Sedangkan untuk wilayah di luar Pulau Jawa mendapatkan satu unit.

Baca juga: Andai Gojek dan Grab Bersatu, Ini yang Akan Dirasakan Konsumen

Purwarupa Raisa pertama kali terlihat oleh publik dalam pameran pertahanan Indo Defence di JIExpo Kemayoran pada November 2016. Saat itu kendaraan masih dibalut warna hitam. Selanjutnya versi produksi telah menggunakan warna abu-abu standar kendaraan.

Seperti yang dilansir dari Airspace Review, kendaraan diawaki empat orang awak. Terdiri dari pengemudi, seorang penjaga keamanan, dan dua orang yang mengatur atau memfungsikan kerja dari sound system.

Kendaraan ini dilengkapi senjata berupa perangkat pengeras suara (speaker) yang memiliki dua kekuatan. Pertama 600 watt digunakan untuk memberi himbauan pada massa dan yang kedua 1.000 watt digunakan untuk membubarkan massa.

Berita Terkait
hitlog-analytic