Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kesalahan yang Sering Dilakukan Sales Mobil Hingga Konsumen Tak Puas

Pameran Mitsubishi Auto Show
Sumber :

100kpj – Suksesnya sebuah diler mobil ditentukan dari sales. Sebab sales atau wiraniaga yang menjual langsung produk tersebut ke konsumen, maka tidak heran jika pekerjaan mereka dianggap sebagai ujung tombak keberhasilan diler.

Namun ada masalah yang kerap dikeluhkan konsumen. Ternyata tidak semua tenaga penjual diler bisa menjelaskan detil fitur-fitur di kendaraan yang mereka tawarkan ke konsumen. Hal itu terungkap dari hasil riset J.D Power pada 2018 lalu.

Baca juga: Miris Ternyata Cuma Segini Gaji Pokok Sales Mobil

Menurut survey yang dilakukan J.D Power, tingkat kepuasan konsumen sebelum melakukan pembelian kendaraan lebih tinggi kepada pemahaman tenaga penjual yang bisa menjelaskan fitur, atau teknologi pada kendaraan yang mereka tawarkan.

Tolak ukurnya dari 1.000 poin hanya 827 poin konsumen merasa puas karena mendapatkan informasi lengkap soal kelebihan mobil yang dijelaskan tenaga penjual sebelum pembelian. Sedangkan 787 poin konsumen tidak puas saat proses penawaran.

Ilustrasi pameran GIIAS 2019

Selain itu, 61 persen pelanggan yang mendapat petunjuk cara mengoperasikan fitur-fitur kendaraan baru mereka saat proses pengiriman kendaraan merasa puas. Sehingga 39 persen pelanggan yang tidak mendapatkan petunjuk merasa tidak puas.  

Berita Terkait
hitlog-analytic