Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mimpi Besar Jokowi: Mau Buat Lalu Lintas Ibu Kota seperti Film Fantasi

Joko Widodo - Jokowi
Sumber :

100kpj – Di banyak film fantasi, kondisi kota masa depan digambarkan sangat moderen. Misalnya, tanpa polusi lantaran seluruh kendaraan sudah menggunakan mesin bertenaga listrik, serta tanpa macet karena ruas jalan dibuat bercabang, menumpuk, dan saling silang agar mampu memuat banyak kendaraan.

Selain itu, di film Mr. Nobody yang dirilis pada 2010 lalu, masa depan juga digambarkan dengan mobil-mobil yang melaju tanpa pengemudi. Saat ini, kita mengenal teknologi tersebut sebagai autonomous vehicle atau sering disebut kendaraan otonom.

Autonomous vehicle akan diterapkan di Ibu Kota baru.

Menariknya, gambaran lalu lintas masa depan yang kerap ditampilkan film fantasi, coba diterjemahkan ke kehidupan nyata oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Soal lokasi, ia memilih calon ibu kota negara baru di  Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Baca juga: Jangan Harap Bisa Naik Avanza dan Innova di Calon Ibu Kota Baru

“Tidak ada ibu kota di seluruh dunia yang seperti ini nantinya, nggak ada. Itu diferensiasinya ada di situ. Semuanya energi baru terbarukan. Transportasi massal semuanya electric vehicle, autonomous vehicle, kendaraan pribadi juga otonom dan elektrik," ujar Jokowi kepada pewarta di Jakarta belum lama ini.

"Banyak orang jalan kaki, banyak orang bersepeda. Enggak akan ada banjir, enggak akan ada macet," sambung dia.

Berita Terkait
hitlog-analytic