Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Terjangkit Virus Corona, Pabrikan Mobil di Wuhan China Setop Produksi

Perangkat Robotik di Pabrik Mobil
Sumber :

100kpj – Virus Corona yang berawal dari pasar hewan di kota Wuhan, China telah menyebar luas ke 30 provinsi, termasuk wilayah otonomi. Sejak virus tersebut mewabah, otoritas China baru-baru ini menyebut sudah ada 1.287 orang yang terjangkit.

Tercatat sudah ada puluhan orang meninggal dunia akibat virus mematikan tersebut. Untuk mencegah penyebarannya yang terus meluas, pemerintah akhirnya menutup kota Wuhan dan 13 kota lainnya di Provinsi Hubei untuk dikarantina.

Mengingat Wuhan adalah pusat industri otomotif, yang diramaikan oleh pabrikan mobil dari berbagai macam merek. Maka dengan adanya virus corona tersebut, beberapa dari mereka memilih untuk stop produksi, dan meliburkan karyawannya.

Seperti yang dilakukan Honda bersama Dongfeng Group. Melansir CNN global, Senin 27 Januari 2020 usaha patungan Honda di Wuhan sudah ditutup sejak virus corona menyebar. Salah satu juru bicara Honda menyebut pabrik akan dibuka 2 Februari 2020.

Pabrik Honda di China

Menurut Reuters, pabrik terbaru Honda yang berdiri April 2019 di Wuhan tersebut dapat memproduksi kendaraan hingga 1,2 juta unit per tahun. Angka tersebut muncul karena penjualan Honda menjanjikan, yang di mana pada 2018 tembus 1,4 juta unit.

Sementara PSA Group yang menjual mobil merek Peugeot dan Citron untuk saat ini telah mengevakuasi karyawannya dari wilayah Wuhan, seperti dilansir Autonews. Di tahun lalu merek mobil asal Perancis tersebut telah menjual 117 ribu mobil di Negeri Tirai Bambu.

Berita Terkait
hitlog-analytic