Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pertahanan RI Makin Kokoh, Kini Beli 11 Jet Tempur Baru dari Rusia

Sukhoi SU-35
Sumber :

100kpj – Sebagai upaya memperkuat pertahanan negara di sektor udara, Indonesia memutuskan memesan jet tempur Rusia, Sukhoi SU-35, pada Februari 2018 silam. Di nota kesepakatan yang telah ditandatangani kedua belah pihak, tercatat ada 11 unit yang siap dikirimkan.

Namun sayang, ada beberapa hal yang membuat proses distribusinya terhambat hingga kini. Salah satunya, mengenai imbal dagang. Di mana, Indonesia hanya membayarkan 50 persen dari ongkos pembelian yang mencapai Rp16,76 triliun, sedang sisanya dilunasi dengan melakukan barter berupa barang-barang dalam negeri.

jet tempur

Kendati demikian, Wakil Duta Besar Rusia untuk Indonesia, V Kopylov menyebut, kehadiran Sukhoi SU-35 di Tanah Air tidak akan menunggu waktu lama. Malah bisa saja unitnya tiba tahun ini. Lantas, seberapa hebat sih burung besi tersebut sampai-sampai harganya bisa sedemikian mahal? Yuk, disimak.

Baca juga: Rusia Pesan Tank Boat Buatan Indonesia, Speknya Mengerikan

Dilansir dari Russia Beyond, Selasa 21 Januari 2020, Sukhoi SU-35 sebenarnya merupakan jet tempur yang berstatus sebagai produk generasi keempat. Artinya, pesawat itu masih berada di tingkatan yang sama dengan F-14 Tomcat buatan Amerika Serikat yang tergolong cukup tua. Akan tetapi, Rusia mengaku, ada beberapa penyempurnaan teknologi yang membuat SU-35 tampil bagaikan generasi kelima.

SU-35 mempunyai sistem kontrol terpadu baru yang dikembangkan MNPK Avionika Moscow-based Research and Production Association. Kontrol tersebut secara bersamaan melakukan fungsi beberapa sistem, di antaranya kendali jarak jauh, kontrol otomatis, sistem sinyal pembatas, sistem sinyal udara, dan sistem pengereman roda.

Berita Terkait
hitlog-analytic