Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jiplak Punya Rusia, Jet Tempur J-15 Buatan China Ngeri Juga

Pesawat J-15 China
Sumber :

100kpj – Rusia dan Amerika Serikat merupakan negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia. Berdasarkan hitung-hitungan jumlah sumber daya manusia, serta perangkat tempur yang dimiliki, Global Firepower atau GFP menempati dua negara tersebut di urutan pertama dan kedua.

Namun, tepat di bawah keduanya, ada satu negara yang diam-diam menjelma menjadi kekuatan baru, yakni negara asal Asia, China. Mereka menempati urutan ketiga dengan anggota militer aktif terbanyak serta persenjataan terlengkap. Bukan hanya hebat di darat, pasukan Bintang Kuning itu juga ahli di matra udara. Jet tempur J-15 menjadi rahasianya.

Baca juga: Hebatnya Sukhoi SU-57, Lawan Sepadan F-22 Raptor AS dari Rusia

Dilansir dari Sputnik, Jumat 17 Januari 2020, jet tempur yang baru beroperasi bulan lalu ini, sekilas menyerupai moda udara mirip Rusia bernama Sukhoi SU-33. Terutama di bagian desain, serta teknologi. Kabarnya, saat pembuatan J-15, ahli mesin penerbangan China memang mengambil prototipe pesawat yang dibelinya dari Ukraina.

China

Awalnya, perilaku meniru yang dilakukan China itu sempat memantik amarah Rusia. Bahkan, ada perjanjian militer terkait jual-beli senjata antar dua negara yang akhirnya diputus Rusia. Akan tetapi, Negeri Tirai Bambu itu tetap pada pendiriannya untuk menggunakan J-15 sebagai alat tempur mereka di angkasa.

Menariknya, meski dituduh meniru, jet tempur tersebut menyimpan kekuatan yang terbilang ngeri. Bagaimana tidak, J-15 diberitakan memiliki tingkat aerodinamika sebaik F-22 Raptor milik Amerika Serikat, sehingga bisa melalui cela-cela sempit di area berbukit.

Berita Terkait
hitlog-analytic