Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jokowi Mau Terapkan Teknologi Autonomous Vehicle di Ibu Kota Baru

Autonomous vehicle akan diterapkan di Ibu Kota baru.
Sumber :
Ist

100kpj – Pemindahan Ibu Kota baru kembali digaungkan Presiden Joko Widodo. Ibu Kota baru yang akan mengambil lokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu belakangan terus digenjot persiapannya.

Bukan cuma tata letak bangunan, namun Pemerintah sudah merancang kendaraan apa yang bakal jadi primadona di sana. Dalam kesempatan Rapat Terbatas Lanjutan Persiapan Pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu 15 Januari 2020, Jokowi rupanya menginginkan penerapan autonomous vehicle alias mobil swakemudi sebagai transportasi massalnya.

"Ibu Kota baru transportasi umumnya, transportasi massal-nya akan menggunakan autonomous vehicle dan kendaraan privatnya juga akan menggunakan autonomous car," kata Jokowi dikutip VIVA.

Skama moda transportasi ibu kota baru.


Untuk mendukung rencana tersebut, Jokowi meminta Menteri Perhubungan dan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro untuk membahas soal desain hingga kesiapan infrastruktur untuk penggunaan mobil swakemudi.

"Sehingga desainnya seperti apa tolong ini nantinya pak Menhub dan pak Menteri Riset berbicara mengenai ini, mengenai kesiapan. Karena infrastruktur, kalau kita betul-betul siap betul, infrastrukturnya juga diarahkan kepada penggunaan electric vehicle dan autonomous vehicle," kata dia.

Autonomous vehicle sendiri merupakan teknologi yang tengah dikembangkan banyak perusahaan otomotif. Sesuai namanya, mobil ini bisa berjalan sendiri tanpa perlu dikemudikan oleh sopir di belakang setir.

Belum jelas, akan menggandeng siapa Pemerintah dalam hal transportasi umumnya. Sedangkan untuk kendaraan privat, sudah banyak produsen yang tentu siap memasarkannya beberapa tahun ke depan.

Mobil Otonom


Sementara itu beberapa waktu lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya juga mengungkapkan kalau salah satu alat transportasi yang dilirik pemerintah untuk mengisi Ibu Kota baru adalah Autonomus Rail Rapid Transit (ART).

Hal ini ditempuh lantaran ART dikenal ramah lingkungan, serta mampu menampung banyak penumpang serta tepat waktu.

"Kita ingin membangun misalnya transportasi, di sana transportasi umum adalah autonomous. Mobil-mobil pribadi juga autonomous dan electric vehicle dan saya juga memiliki mimpi besar agar kita menjadi ibu kota pertama yang transportasi massal, mobil pribadi memakai electric vehicle dan autonomous vehicle. Sistemnya semua kita bangun, sehingga semua efisien dan murah," ujarnya.

Baca Juga: Biar Enggak Norak, Begini Pengucapan 10 Merek Mobil yang Benar

Berita Terkait
hitlog-analytic