Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pemilik Mobil yang Tak Punya Garasi Siap-siap Didenda Rp2 Juta

Ilustrasi garasi mobil
Sumber :

100kpj – Karena keterbatasan lahan, beberapa pemilk mobil tidak memiliki garasi. Padahal fungsi garasi sangat penting, yakni menjaga mobil agar aman dari pencurian dan untuk melindungi cat dari cuaca ekstrem, terlebih garasi tersebut tertutup. Tak cuma itu, dengan adanya garasi, lahan lain seperti jalan raya, atau halaman rumah orang lain, juga tak bakal terganggu dengan mobil tanpa garasi.

Sebab banyak kejadian warga yang tak memiliki garasi akan memanfaatkan jalan umum di depan rumahnya persis untuk memarkir mobil. Padahal hal tersebut tidak diperbolehkan dalam Undang-Undang, karena mengganggu aktivitas pengguna jalan lain.

Kasus soal garasi sendiri saat ini tengah ramai dibahas warga Kota Depok, Jawa Barat. Sebab pemerintah di Depok, tengah menyiapkan sanksi khusus bagi pemilik mobil yang tak punya garasi dan memanfaatkan jalan umum untuk menyimpan kendaraannya. Setidaknya aturan itu sudah disahkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok bersama instansi terkait.

Di mana pemilik mobil yang tidak mempunyai tempat parkir nantinya akan dikenakan denda. Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, nama Peraturan Daerah (Perda) itu bukan Perda Garasi. Melainkan pengembangan regulasi baru yang sudah ada sebelumnya berkaitan dengan Perda No.22 Tahun 2012.

Garasi Aston Martin

“Dari dalam Perda itu (No.22 Tahun 2012), tidak hanya perubahan terkait penambahan Pasal Garasi. Di dalamnya juga ada pengujian kendaraan bermotor dari buku uji ke kartu uji, pengaturan diperbolehkan iklan di angkot dan lain-lain,” ujarnya kepada 100KPJ, Senin 13 Januari 2020.

Lebih lanjut Dadang menjelaskan, tujuan dari penambahan pasal soal kepemilikan garasi di dalam Perda itu untuk menertibkan warga. Dasar pembentukan atau penambahan aturan tersebut tentunya menurut laporan masyarakat dan berbagai data yang didapat.

Berita Terkait
hitlog-analytic