Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bupati Karanganyar Pilih Jeep Rubicon Rp1,9 Miliar Jadi Mobil Dinas

Jeep Rubicon
Sumber :

100kpj – Bupati Karanganyar Juliyatmono memiliki mobil dinas baru, yang berbeda dengan para pejabat-pejabat negara lainnya. Jenisnya tak tanggung-tanggung, bukan sedang mewah melainkan Jeep Wrangler Rubicon dengan harga Rp1,9 miliar.

Mobil untuk offroad yang bertampang gahar itu tiba di rumah dinasnya Selasa lalu dan sudah dipasangi pelat nomor polisi berwarna merah sebagai tanda mobil milik pemerintah dengan nomor polisi AD 1 F.

Juliyatmono pun sudah menjajal mengendarai mobil itu di jalanan beraspal. Pengalaman pertama menjajal mobil dinas barunya dia lakukan saat menghadiri rapat paripurna di DPRD Karanganyar. "Ini saya dah coba di sini dan naiki mobil ini," ujarnya, kemarin.



Mobil jenis offroad itu bakal digunakan Juliyatmono untuk keperluan dinasnya sebagai Bupati Karanganyar. Dengan jenis mobil seperti itu bakal dengan mudah menaklukkan medan terjal dan pegunungan di Karanganyar.

"Ya, nanti digunakan sesuai kebutuhan. Dan ini memang offroad, kalau untuk naik gunung dan ke mana-mana memang sesuai. Bagus itu," katanya.

Pengadaan mobil Jeep Rubicon itu sempat menuai perdebatan, terutama karena harnya yang mencapai Rp1,9 miliar. Pemerintah Kabupaten Karanganyar mengadakan proses lelang terbuka sebanyak empat tahap sebelum menemukan distributor untuk mendatangkan mobil tersebut secara impor utuh.

Plt Kepala Badan Keuangan Kabupaten Karanganyar, Narimo, sebelumnya mengatakan bahwa pemerintah menganggarkan Rp2,1 miliar untuk membeli mobil dinas baru. Uang sebesar itu dianggarkan melalui APBD Perubahan. Namun sesuai hasil lelang, mobil mewah itu dibeli dengan harga Rp1,989 miliar.

Bicara soal spesifikasi, sebagaimana dikutip dari jeep.co.id, Jeep Wrangler Rubicon mempunyai mesin DOHC direct-injection 2.0L turbocharging, mild hybrid dengan empat silinder inline atau segaris.

Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi hibryd yang bernama general Global Medium Engine (GME) e torque. Dengan teknolongi ini, mobil menjadi lebih bertenarga dan hemat bahan bakar. Meski hanya berkubikasi 2000 cc atau tepatnya 1.995 cc.

Meski memiliki mesin yang lebih kecil, tetapi ini sanggup memuntahkan tenaga hingga 270 hp dan torsi 400 Nm. Bahkan, tenaga yang dihasilkan ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin 3.0L V6.

Daya out put lebih kecil 15 tk dibandingkan dengan mesin 3.6L V6. Untuk penerus kecepatan, mobil dengan dua pintu ini juga menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan.

Berita Terkait
hitlog-analytic