Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Intip Bus Termewah di Indonesia: Ada Lift, Dapur, sampai Ruang Meeting

Bus mewah Sumber Alam.
Sumber :
Ist

100kpj – Bukan cuma mobil penumpang saja yang acap dibalut dengan berbagai kemewahan. Sebab belakangan banyak bus yang turut menawarkan kemewahan demi membuat nyaman penumpangnya.

Tentu bukan bus sembarangan, karena biasanya bus-bus ini adalah bus pilihan yang menyasar kalangan ekskutif dengan tarif lebih mahal ketimbang bus mainstream. Baru-baru ini ada video dari seorang Youtuber Otomotif yang memperlihatkan sebuah bus mewah bersejarah di Indonesia. Bus itu adalah bus limousine milik PO Sumber Alam.



Bukan bus kekinian, karena bus itu merupakan model vintage yang beroperasi sejak lama, dan menjadi bus paling mewah di eranya. Jangan dibandingkan dengan bus-bus saat ini, tetapi mari kita tengok sejarah bus yang pernah diandalkan Sumber Alam ini. Dikutip dari saluran Youtube Ridwan Hanif, Rabu 18 Desember 2019, dahulu bus limo ini pernah menyandang rekor MURI sebagai bus terpanjang dan termewah di Indonesia.

Bus Limo ini menggunakan basis Mercedes-Benz OH15-21. Jika bus pada umumnya memiliki panjang 12 meter, limo bus milik PO Sumber Alam tersebut hadir dengan panjang 13 meter dan lebar 2,5 meter.



Bus yang memiliki tiga sumbu dan beroda enam tersebut memiliki berbagai fasilitas yang terhitung tak wajar di eranya. Antara lain memiliki ruang VIP pada bagian buritan. Di ruang tersebut, ada sofa melingkar dengan satu televisi layar datar 42 inci. Di ruang ini, penumpang bisa menonton TV, film, dan karaoke, termasuk melakukan meeting berjalan.

Di bagian tengah, tersedia dapur mini yang terletak di depan toilet. Ada sejumlah perlengkapan memasak yang bisa digunakan. Selain itu di bagian tengah ada tujuh kursi empuk yang bisa dinaikturunkan. Juga ada meja makan yang bisa dipakai sembari menonton dua televisi LCD 21 inci.

Satu kemenarikan lainnya, bus ini juga punya lift di bagian belakang yang dipergunakan untuk penumpang disabilitas. Modelnya mirip tangga hidrolis dengan remote control untuk naik dan turun penumpang. Dengan begitu, penumpang tersebut dapat masuk ke dalam bus termasuk juga dengan kursi rodanya.



"Busnya bikin spechlees ya, mewah banget, enak banget. Kursinya pakai sofa melingkar, bisa buat meeting. Terus di sini juga ada TV besar banget yang bisa digunakan," sebut Ridwan.
Berita Terkait
hitlog-analytic