Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Harga Mobil China Lebih Murah dari Esemka Bima, Ini Perbedaannya

Presiden Jokowi resmikan mobil Esemka.
Sumber :

100kpj – Mobil pertama Esemka resmi diluncurkan oleh PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) sebagai pabrikan sekaligus pemegang mereknya. Mobil yang dimaksud adalah Bima jenis pikap, yang ditawarkan dalam dua varian dengan mesin 1.200cc dan 1.300cc.

Secara tampilan mobil pengangkut barang itu digadang-gadang mirip dengan produk asal China, yakni Changan Star Truck. Namun jika dikulik lebih dalam, keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda meski tidak terlalu signifikan. Terutama desain wajah depan dan dimensinya.

Changan Star Truck memiliki grill lebih panjang dan lebar dengan kelir hitam dan krom. Sementara grill Bima hanya berwarna hitam dengan desain paru-paru yang menyerupai ciri khas BMW. Selain itu bentuk logo keduanya berbeda, begitu pun soal penempatannya.

Letak logo Bima tepat di atas grill atau kap mesin, sedangkan Star Truk logonya ditanam di grill tengah. Desain lampu pun dibuat agak beda, pikap merek Indonesia tersebut memiliki lampu utama yang lebih minimalis, sedangkan Star Truck lampunya agak lebar ke samping.

Namun untuk desain bodi depan, pintu terlihat sama. Hanya desain kargo atau bagasi belakang berbeda, Bima tidak memiliki guratan alias garis-garis pada baknya, namun desain bak model polos tersebut sebenarnya lebih mirip dengan produk Changan model lain, yakni Q20.

Untuk dimensinya, secara keseluruhan Bima varian 1.2L memiliki panjang 4.560 mili meter, lebar 1.600 mm, tinggi 1.890 mm. Untuk luas baknya sendiri, panjangnya 2.750 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 460 mm. Sedangkan Bima 1.3L panjangnya 4.930 mm, lebar 1.720 mm, dan tinggi 1.995 mm.

Berita Terkait
hitlog-analytic