Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pak Jokowi Coba Tengok Mobil Antibom BMW, Bak Tank Mewah

BMW X5 protection VR6.
Sumber :

100kpj – Mobil dengan sistem pengamanan kelas wahid tentu jadi kendaraan yang dibidik banyak kalangan jetset. Tak cuma pebisnis, presiden yang punya mobilitas tinggi pun sangat layak menggunakan mobil jenis tersebut.

Jika Jokowi dipastikan bakal mendapat S600 Guard terbaru besutan Mercedes-Benz, ada lagi sebenarnya mobil yang bisa dilirik yang menawarkan perlindungan kelas wahid. Salah satunya adalah BMW yang ternyata memiliki X5 Protection VR6. Mobil SUV ini menawarkan sistem pengamanan nyaris sama dengan tank milik tentara.

Bagaimana tidak, mobil ini telah dirancang untuk melindungi penumpangnya dari senjata api, bahan peledak, dan juga upaya penculikan.



Seperti dikutip Indianatos, Kamis 29 Agustus 2019, kelebihan dari mobil tersebut yakni SUV itu dibekali perisai tebal untuk melindungi mesin dan bagian kabin bawah dari perangkat peledak seperti bom dan granat tangan.

Pada bagian kaca saja, X5 versi lapis baja memiliki kaca setebal 33 milimeter, di mana kacanya turut diperkuat polikarbonat.



X5 lapis baja juga diklaim BMW telah mendapat 'teknologi pelindung pasca ledakan'. Seperti namanya, teknologi ini berfungsi untuk perlindungan terhadap serangan sekunder setelah ledakan.

Di bagian dalam, X5 versi lapis baja menampilkan interior empat kursi, persis seperti X5 versi standar, tetapi dilengkapi dengan sejumlah mekanisme keamanan tambahan. Detailnya, penumpang kursi belakang dilindungi oleh partisi kompartemen bagasi lapis baja yang telah dirancang untuk lapisan perlindungan ekstra.



Seperti kendaraan lapis baja lainnya, X5 ini aman terhadap serangkaian senjata api, termasuk AK-47 yang terkenal, dan ledakan bom dari jarak hingga empat meter. Ada juga panel atap lapis baja opsional yang telah dirancang untuk perlindungan khusus terhadap serangan drone dan pesawat.



Fitur keselamatan lain yang sangat menarik yang didapat SUV ini adalah dalam bentuk tangki bahan bakar self-sealing yang mampu secara otomatis menyegel kebocoran jika terdapat lubang, misalnya ketika peluru menyerang.



Menurut BMW, mobil ini baru akan diproduksi di pabrik Spartanburg di Amerika Serikat, bersamaan dengan X5 standar. Sayang, BMW belum mengumumkan harganya.

Di bawah kap, BMW X5 Protection VR6 ini dibekali dapur pacu mesin yang sama dengan BMW X5 M50i. Yakni mesin 4,4 liter twin-turbocharged V8 yang dapat memproduksi tenaga 530 PS dan torsi 750 Nm.
Berita Terkait
hitlog-analytic