Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pengguna Mobil Wajib Tahu Jadwal Mudik yang Tepat Biar Gak Kejebak Macet

Gerbang Tol Cikampek Utama
Sumber :

100kpj - Masyarakat berbondong-bondong pulang ke kampung halaman menjelang lebaran, atau mudik. Mengingat jumlah pemudik diprediksi meningkat, maka pengguna mobil perlu perhatikan jadwal yang tepat agar tidak kejebak macet.

Menggunakan kendaraan pribadi saat mudik, atau liburan lebaran dianggap lebih fleksibel, atau tidak repot jika ingin berpindah-pindah tempat. Namun konsekuensinya, barang bawaan yang bisa diangkut terbatas, sesuai ruang bagasi.

Tol Jakarta-Cikampek macet contraflow

Selain itu waktu istirahat tidak teratur, cendrung lebih lelah terutama menempuh perjalanan jarak jauh, dan kejebak macet. Agar hal itu tidak terjadi, masyarakat perlu memerhatikan tanggal keberangkatan mudik, atau kepulangan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, melalui survei masyarakat yang akan mudik lebaran tahun ini meningkat luar biasa mencapai 50 persen, atau setara 193 juta orang, dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu 120 juta pemudik.

Berkaca dari prediksi lonjakan jumlah pemudik tahun ini, masyarakat diimbau agar melakukan perjalanan lebih awal agar terhindar dari penumpukan kendaraan, terutama mereka yang pakai mobil pribadi. Menhub menyebut puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 5-8 April.

"Puncak mudik yang tadi disampaikan H-4, H-3 dan H-2. Di hari-hari itu akan tinggi sekali. Oleh karenanya kita menghimbau, sebagian masyarakat yang anak-anaknya sudah libur agar bisa mudik lebih awal," ujar Menhub kepada wartawan, dikutip, Rabu 27 Maret 2024.

Berita Terkait
hitlog-analytic