Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Daftar Merek Mobil Terlaris di Indonesia Selama 7 Bulan

Pameran otomotif GIIAS 2018.
Sumber :

100kpj – Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil komersial dan penumpang dari semua merek mengalami penurunan di 2019. Hal itu terlihat dari data wholesasles atau penjualan dari pabrik ke diler.

Selama tujuh bulan tahun ini distribusi mobil dari pabrik ke diler hanya 570.331 unit. Artinya menurun cukup siginifikan, karena di 2018 lalu dalam periode yang sama masih menorehkan angka penjualan 661.125 unit.

Melihat dari total penjualan tersebut, setiap merek mengalami penurunan. Seperti halnya Toyota yang masih menduduki peringkat teratas sebagai brand terlaris, pencapaian wholesalesnya selama tujuh bulan tahun ini 183.735 unit.

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dalam kondisi bekas

Sedangkan di tahun lalu, Toyota masih mengukir angka 196.430 unit dalam waktu yang sama. Daihatsu yang selalu berada di posisi kedua, tahun ini mobilnya terjual ke diler 100,036 unit berarti menurun karena di tahun lalu masih 112.893 unit.

Meski kedua brand raksasa itu mengalami penurunan, ternyata ada satu merek mobil yang penjualannya meningkat, yakni Wuling. Merek pendatang baru asal Tiongkok itu berhasil mengalahkan Datsun, Nissan dan Mazda dalam penjualan wholesales atau retail dari tahun lalu, hingga tahun ini.

Mitsubishi Xpander
Berita Terkait
hitlog-analytic