Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Korlantas Polri Yakin Mobil Mewah Pakai Pelat Nomor Khusus Berarti Palsu

Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus
Sumber :

100kpj – Mobil pelat nomor RF yang digunakan untuk pejabat, dan beberapa instansi negara kerap ditemukan bermasalah. Hingga tahun ini pelat nomor khusus tersebut diganti dengan kode ZZ, tapi masih ada saja yang palsu.

Bukan hanya itu, pelat nomor dinas polri dan TNI juga ikut dipalsukan oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal itu terungkap setelah salah satu penjual identitas kendaraan itu dibekuk kepolisian.

Toyota Fortuner pelat nomor polisi

Penelusuran penjual pelat nomor itu merupakan pengembangan dari beberapa kasus pemilik mobil mewah yang ketahuan petugas menggunakan pelat khusus palsu, baik berkode ZZ, hingga dinas polri, dan TNI.

Polisi mengamankan tiga orang tersangka penjual pelat khusus palsu, yaitu berinisial YY (45), HG (46), dan PAW (36), selama beroperasi mereka sudah menjual 18 STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor), dan pelat khusus palsu kepada orang-orang tajir.

“Menggunakan dan membeli ini adalah orang-orang yang berduit, menggunakan kendaraan mewah, harga STNK dan pelat dinas palsu itu Rp55 juta,” ujar Diregident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Kamis 21 Desember 2023.

Oleh sebab itu Korlantas Polri meyakini jika menemukan di jalan ada mobil mewah pakai pelat nomor khusus diduga kuat palsu. Karena menurut Yusri tidak ada mobil dinas kepolisian yang harganya miliaran rupiah.

Berita Terkait
hitlog-analytic