Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kesederhananan Mantan Kepala BNPB Doni Monardo Semasa Hidup, Cuma Ini Kendaraannya

Doni Monardo Ketua Gugus Tugas
Sumber :

100kpj – Purnawirawan Letnan Jenderal TNI Doni Monardo meninggal dunia Minggu 3 Desember 2023. Mantan Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) itu memiliki hidup yang cukup sederhana, terlihat dari isi garasinya.

Sebelum dilantik sebagai Kepala BNPB pada Januari 2019, Doni bukan sekadar perwira tinggi TNI namun sosoknya cukup berpengaruh dalam kemiliteran Indonesia. Bahkan sempat menjadi Ketua Satgas Covid-19.

Sejumlah jabatan penting pernah diemban dirinya yang berangkat dari TNI AD. Misalnya Sekjen Dewan Pertahanan Nasional, lalu Pangdam III/Siliwangi, hingga Danjen Koppasus (Komando Pasukan Khusus), serta Danpaspampres.

Meski memiliki karir cemerlang, namun tidak membuat Doni Monardo hidup dengan kemewahan. Hal itu terlhat dari kendaraan yang dia gunakan untuk menjalani aktifitasnya.

Menurut data KPK pada 2019, Letjen TNI  itu memiliki harta kekayaan mencapai Rp10.015.673.833 miliar. Dari angka tersebut, tanah dan bangunan menjadi penyumbang terbesar dengan nilai Rp6,7 miliar yang tersebar di sejumlah daerah.

Sedangkan untuk harta bergerak lainnya hanya Rp307,4 juta, surat berharga Rp200 juta, serta kas dan setaar kas mencapai Rp2,5 miliar. Sebagai salah satu pejabat di Tanah Air, Doni terbilang paling sederhana untuk urusan kendaraan.

Menurut data KPK, alat transportasi yang dimiliki hanya satu unit kendaraan roda empat, yakni Volkswagen Caravelle 2.5 Diesel lansiran 2007 seharga Rp200 juta. Mobil berjenis Multi Purpose Vehicle  itu memiliki kapasitas 6-7 penumpang.

Berita Terkait
hitlog-analytic