Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gantikan Anwar Usman, Mengejutkan Lihat Harta Berjalan Ketua MK Suhartoyo

Ketua Mahkamah Konstitusi Suhartoyo
Sumber :

100kpj – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo menggantikan Anwar Usman. Paman Gibran Rakabuming itu diberhentikan menjadi Ketua MK setelah disorot soal pengesahan usia muda calon wakil presiden.

Suhartoyo yang sudah mengabdi 8 tahun di MK sepertinya memiliki ketertarikan dengan dunia off road, terlihat dari harta berjalan atau koleksi kendaraan yang dilaporkan kepada negara.

Berdasarkan data LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), Ketua MK terpilih itu terakhir melaporkan kekayaannya sebanyak Rp14,748 miliar, pada periode Maret 2023 saat menjabat Hakim Konstitusi.

Dari angka tersebut, tercatat ada tiga mobil yang terparkir di garasinya dengan nilai Rp810 juta. Dua mobil miliknya berjenis jip, atau SUV yang kerap digunakan di medan off road, dan sudah cukup berumur.

Sepertinya hanya penghobi yang ingin merawat mobil lawas seperti itu. Pertama Toyota Hardtop 1982 seharga Rp100 juta. Jip besutan Jepang itu merupakan Land Cruiser seri 40 yang pertama kali dirilis pada 1960-an.

Lebih dikenal Hardtop, karena atap (top) berbahan keras atau serupa dengan material bodi utamanya, dan tersedia versi soft top alias atap kain. 

Melansir website Toyota global, memasuki 1979 mobil berkode FJ40 itu diberikan pendingin udara, dan power steering. Jantung pacunya dari diesel 3.900cc diganti menjadi 4.200cc, dan terus mendapatkan perubahan.

Berita Terkait
hitlog-analytic