Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Mazda di Indonesia Bisa Minum Pertamax Green 95, Perlu di Tes?

SPBU Pertamina yang menjual BBM Pertamax Green 95
Sumber :

100kpj – Pertamax Green 95 resmi dijual Pertamina, mulai Senin 24 Juli 2023. Saat ini tersebar di 5 SPBU Jakarta, dan 10 di Surabaya yang menjual BBM jenis bioetanol tersebut.

BBM bioetanol merupakan salah satu cara untuk menekan penggunaan minyak fosil, yaitu mencampurkan senyawa tumbuhan. Di mana untuk tahap awal Pertamax Green 95 menggunakan 5 persen sari tebu.

Mazda CX-60 mesin

Pertamax Green 95 dibanderol Rp13.500 per liter, artinya lebih mahal dari Pertamax RON 92 atau non bioetanol yang saat ini Rp12.400 per liter, atau lebih murah dari Pertama Turbo RON 98 Rp14.000 per liter.

Meski tergolong baru, namun produk plat merah itu diklaim bisa digunakan untuk semua kendaraan bensin, baik itu motor ataupun mobil. Seperti disampaikan Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan.

"Ini bisa roda dua dan roda empat untuk kendaraan bermotor yang mengonsumsi gasoline. Jadi, semua jenis kendaraan gasoline dapat mengonsumsi Pertamax Green 95," ujar DRiva Siahaan.

Pertamina sendiri telah melakukan serangkaian tes terhadap kendaraan untuk penggunaan BBM baru ini. Uji coba tersebut mencakup tes laboratorium, dyno test, dan road test. Lalu apakah aman untuk mobil Mazda?

Berita Terkait
hitlog-analytic