Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jalur Puncak Bogor Terapkan Ganjil Genap Selama Libur Idul Adha

Jalur Puncak Bogor ditutup saat tahun baru
Sumber :

100kpj – Rekayasa lalu lintas mulai diberlakukan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Di mana, sistem ganjil genap diterapkan selama cuti bersama dan libur Idul Adha 2023. Kebijakan dimulai sejak hari Selasa 27 Juni sampai Minggu 2 Juli 2023.

Kebijakan ini diterapkan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 84 Tahun 2021. Hal itu diungkapkan Kepala Urusan Pembinaan Operasi Satuan Lalu Lintas atau KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto.

"Satu hari menjelang libur nasional dan cuti bersama itu ya kami laksanakan pemeriksaan ganjil genap. Namun nanti pelaksanaannya akan kita lihat juga, situasional, karena kan banyak kendaraan kendaraan yang dikecualikan," ujar Ardian kepada wartawan.

Bukan cuma sistem ganjil genap, polisi pun menyiapkan skema one way di sana. Tapi, penerapannya melihat bagaimana volume arus kendaraan sepanjang jalur Puncak. Adapun sebanyak 150 personel gabungan dari Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, hingga BPBD diterjunkan.

"Apabila memang cukup padat nanti ada rekayasa lalin seperti one way atau buka tutup sepenggal, nanti kami akan sesuaikan melihat situasi arus kendaraan masuk ataupun turun dari Puncak," katanya.

Dia meminta kepada masyarakat yang bakal berlibur ke Puncak memperhatikan waktu keberangkatan sehingga bisa disesuaikan dengan penerapan sistem ganjil genap.

"Silakan disesuaikan dengan pelat nomor kendaraan sesuaikan dengan tanggal keberangkatannya bagi yang plat ganjil nomor kendaraan yang digunakan untuk yang ke Puncak juga ganjil seperti itu," ujar dia.

Berita Terkait
hitlog-analytic