Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Biaya Ibadah Haji Dibuat Lebih Mahal, Harta Berjalan Menteri Agama Mengejutkan

New Mazda CX-5
Sumber :

100kpj – Biaya ibadah haji menjadi lebih mahal di tahun ini, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usulkan BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) 2023 menjadi Rp98,893 juta, sehingga jamaah harus membayar sebesar Rp69 juta.

Warganet berkomentar pedas terkait usulan itu, karena untuk melaksanakan rukun Islam yang ke-5 itu masyarakat perlu merogoh kocek dua kali lipat lebih mahal dari 2022 yang hanya Rp39 jutaan, di mana BPIH Rp58 jutaan.

Menteri Agama Yaqut Cholil

Sejak usulan itu disampaikan saat Rapat Kerja bersama Komisi VIII DPR Raker, sosok Menag Yaqut Cholil menjadi sorotan. Tidak terkecuali sepak terjangnya di dunia politik, hingga harta kekayaannya.

Berdasarkan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelengara Negara), mantan anggota DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu memiliki kekayaan hingga Rp11,774 miliar. Aset terbesar tanah, dan bangunan senilai Rp9,320 miliar.

Sementara koleksi kendaraan, atau harta berjalan yang dimilikinya hanya ada dua unit mobil secara total nilainya Rp1,270 miliar. Mobil termahalnya adalah Mercedes-Benz lansiran 2018 seharga Rp980 juta, tapi tipenya dirahasiakan.

Kemudian mobil keduanya Mazda CX-5 buatan 2015, SUV (Sport Utility Vehicle) buatan brand asal Jepang itu harganya ditaksir Rp290 juta.

Berita Terkait
hitlog-analytic