Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bio Solar dengan Campuran Kelapa Sawit yang Lebih Banyak Dijual Februari 2023

SPBU Pertamina
Sumber :

100kpj – Bahan bakar minyak, atau BBM yang beredar di Indonesia untuk kendaraan bermotor terbagi menjadi beberapa jenis. Untuk kategori  bensin memiliki nilai oktan, atau RON 90-98, kemudian ada solar, dan bio solar.

Secara global, atau bahkan di Indonesia jumlah kepemilikan kendaraan baik itu mobil, dan motor setiap tahun terus mengalami peningkatan. Tidak heran jika kebutuhan BBM semakin tinggi, begitu pun dengan emisi.

bio diesel

Tidak heran jika jumlah minyak fosil yang menjadi bahan dasar BBM semakin tipis. Oleh sebab itu, sejumlah negara, termasuk Indonesia mulai menggunakan energi terbarukan sejak beberapa tahun lalu.

Ada cukup banyak alternatif sumber energi untuk kendaraan bermotor. Diantaranya memanfaatkan tenaga listrik, panas matahari, hydrogen, hingga mencampurkan sebagian minyak fosil dengan jagung, dan kelapa sawit.

Bio solar, atau bio diesel yang dijual di Indonesia melalui PT Pertamina (Persero) saat ini masih menganut 30 persen campuran curd palm oil, alias minyak kelapa sawit. Namun mulai tahun ini akan ditingkatkan.

“Mulai Februari tahun ini, implementasi program bahan bakar nabati (BBN) B35 resmi digunakan,” tulis keterangan status Instagram Kementerian ESDM (Energi Sumber Daya Mineral), dikutip, Selasa 10 Januari 2023.

Berita Terkait
hitlog-analytic