Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Begini Cara Kemenperin Atasi Inden Kendaraan Bermotor

Deretan Mobil Hendak Diekspor. Foto: Antara.
Sumber :

100kpj – Beberapa waktu belakang konsumen kendaraan bermotor baik mobil maupun motor, dihadapkan dengan masalah inden, karena unit pemesanan tidak bisa diproduksi dalam waktu singkat.

Alasannya karena pabrikan terkendala dalam hal pasokan komponen semikonduktor. Masalah ini sudah melanda sejak dua tahun lalu, ketika pandemi melanda dan dampaknya dirasakan oleh semua produsen otomotif di seluruh dunia.

Penyebab dari kelangkaan tersebut, yakni karena permintaan akan perangkat elektronik meningkat pesat sementara perusahaan pembuatnya tidak bisa memproduksi dalam waktu singkat.

Untuk mengatasi lamanya inden pembelian mobil dan motor di Indonesia serta melepas ketergantungan akan produk impor tersebut, Kementerian Perindustrian menjalin kerja sama dengan Sehat Sutardja, seorang inovator yang merupakan co-founder perusahaan semikonduktor asal Amerika Serikat, Marvell Technology.

Ilustrasi Chip Semikonduktor. Foto: Autocar.

“Kami berupaya mengurangi ketergantungan semikonduktor, yang rantai pasoknya semakin sulit dan kebutuhan makin lama makin tinggi,” ujar Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 16 November 2022.

Kemenperin berharap, kerja sama ini dapat mendorong pengembangan dan peningkatan kapasitas industri semikonduktor di Indonesia sehingga mampu memiliki industri semikonduktor secara mandiri di masa yang akan datang.

Berita Terkait
hitlog-analytic