Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Daihatsu Ayla dan Toyota Agya Terbaru Bakal Bermesin Turbo?

Toyota Agya
Sumber :

100kpj – Toyota Agya, dan Daihatsu Ayla merupakan produk kembar yang memanfaatkan satu platform untuk meramaikan ceruk pasar LCGC (Low Cost Green Car). Keduanya diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor sejak 2013.

Meski sudah cukup berumur, namun Toyota Agya, dan Daihatsu Ayla tak kunjung diberikan perubahan, kedua jenama yang beraliansi itu hanya memberikan penyegaran pada Maret 2020.

Daihatsu Ayla Turbo

Tidak heran jika rumor All New Agya, dan All New Ayla menjadi perbincangan. Terlebih Daihatsu sebagai pabrikan sudah dua kali memperlihatkan versi canggihnya. 

Pertama produsen mobil berlogo D itu memperkenalkan Ayla edisi turbo pada 2018. Dipersenjatai mesin 1.197cc, serupa dengan model saat ini, namun berkat dukungan turbo tenaganya mencapai 197 dk, dan torsi 242 Nm.

Jauh lebih buas dibandingkan edisi standarnya yang hanya memiliki tenaga 65 dk, dan torsi 86 Nm. Selain turbo dengan daya tekan 14 psi (per square inch), namun kompresi ruang bakarnya dibuat lebih padat. 

Bukan hanya itu, mengingat mesin membutuhkan pengapian lebih besar, ditambahkan piggyback lansiran Dastek untuk mendukung kinerja ECU (Engine Control Unit), serta ditanamkan dua injektor agar asupan bensin lebih banyak.

Berita Terkait
hitlog-analytic