Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Presiden Jokowi: Jangan Mudik Hari Kamis, Jumat dan Sabtu

mudik
Sumber :

100kpj – Masyarakat sepertinya rindu pulang ke kampung halaman setelah dua tahun dilarang pemerintah, karena pandemi covid-19. Tidak heran jika lonjakan angka pemudik tahun ini diprediksi tembus puluhan juta jiwa.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan telah melakukan survei, puncak mudik akan terjadi pada tanggal 29-30 April, dan 8 Mei 2022. Di mana ada puluhan juta orang meninggalkan rumahnya untuk menuju tanah kelahiran. 

Presiden Jokowi di pabrik mobil Hyundai

Untuk mengantisipasi kemacetan yang memakan waktu saat perjalanan, Presiden Jokowi menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudik jelang akhir bulan ini, tepatnya pada tiga hari terakhir, yaitu Kamis, Jumat, dan Sabtu.

“Oleh karena itu saya mengajak masyarakat untuk menghindari puncak arus mudik pada tanggal 28 (Kamis), 29 (Jumat), dan 30 (Sabtu) April 2022,” ujar Jokowi kepada wartawan dikutip Viva.co.id, Selasa 19 April 2022.

Lebih lanjut mantan Gubernur DKI itu mengatakan, hasil survei Kemenhub akan ada 23 juta mobil, dan 17 juta motor yang digunakan pemudik. Jumlah yang sangat besar, sehingga diperkirakan terjadi kemacetan parah.

“Dalam mengantisipasi itu pemerintah telah menyiapkan rekayasa lalu lintas melalui aturan ganjil-genap pemberlakuan satu arah atau one way dan larangan truk masuk jalan tol. Untuk itu saya mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal tentu saja menyesuaikan dengan jadwal libur dari tempat bekerja," tuturnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic