Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pemudik Wajib Tahu, Ada yang Beda dari Tol Cikampek Jelang Lebaran

Gerbang Tol Cikampek Utama
Sumber :

100kpj – Pemerintah akhirnya membolehkan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman, alias mudik setelah dua tahun dilarang akibat pandemi covid-19. Maka tidak heran jika jumlah pemudik di tahun ini akan melonjak drastis.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, lonjakan pemudik tahun ini akan naik 45 persen dibandingkan 2019 atau sebelum pandemi. Di mana sebagian besar dari mereka tetap mengandalkan kendaraan pribadi.

Tol Jakarta-Cikampek macet contraflow

Menurutnya, sekitar 47 persen dari 85,5 juta orang diprediksi pulang ke kampung halaman melalui jalur darat dengan kendaraan pribadi seperti mobil, dan sepeda motor, sisanya transportasi umum seperti bus, kereta api.

Mengingat jumlah pemudik terbanyak berada di Pulau Jawa, maka ada beberapa jalur darat yang sudah diantisipasi Kementerian Perhbungan. Salah satunya Tol Jakarta-Cikampek yang akan dibuat rekayasa.

Rekayasa lalu lintas tersebut akan diterapkan di jalan tol arah Cikampek. Jalur tol dari Bekasi, ke arah Cikampek hingga Semarang, karena menjadi titik utama yang terjadi kepadatan saat arus mudik Lebaran.  

Simulasi rekayasa lalu intas ini dilakukan sebagai ujicoba untuk mengetahui efektifitas dalam menekan kemacetan. Hal ini dengan rasio perbandingan volume kendaraan dengan kapasitas jalan (VC Ratio) yang terkecil.  

Berita Terkait
hitlog-analytic