Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Toyota Veloz Baru Lebih Laris di Luar Negeri Dibandingkan Indonesia

All New Avanza Veloz di GIIAS 2021

100kpj – All New Veloz yang resmi diluncurkan 10 November 2021 diproduksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Berbeda dengan All New Avanza yang dibuat bersama All New Xenia di pabrik PT Astra Daihatsu Motor.

Toyota Veloz baru ditawarkan tiga varian, harganya mulai Rp286 juta, sampai Rp331,100 juta on the road DKI. Mobil buatan lokal tersebut bukan hanya dijual di pasar domestik, namun sejak 2011 sudah di pasarkan ke luar negeri.

All New Avanza dan All New Veloz

Ada beberapa negara yang sudah menerima mobil keluarga buatan Indonesia itu, diantaranya Thailand, dan Vietnam yang memberikan nama Veloz Cross. Lantas gimana dengan penjualannya selama tiga bulan tahun ini?

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo, pengiriman unit Veloz generasi kedua, dari pabrik ke diler selama kuartal pertama tahun ini 10.864 unit.

Artinya pencapaian wholesales per bulan masih lebih sedikit dibandingkan Avanza. Jika melihat angka detilnya, pada Januari sebanyak 4.777 unit Veloz baru terjual ke jaringan diler, Februari 2.863 unit, dan Maret 3.224 unit.

Berkaca dari jumlah tersebut, artinya untuk pasar domestik hanya sekitar 30-40 persen dari total kapasitas produksi Veloz, karena sisanya demi memenuhi kebutuhan ekspor.

Berita Terkait
hitlog-analytic