Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Menhub: 40 Juta Orang Akan Mudik Pakai Mobil Pribadi dan Motor

Kemacetan Lalu Lintas di Jakarta akibat Sepeda Motor
Sumber :

100kpj – Pandemi covid-19 membuat masyarakat tidak bisa pulang ke kampung halaman selama dua tahun saat libur panjang Idul Fitri. Namun di tahun ini pemerintah akhirnya membolehkan masyarakat untuk mudik saat Lebaran.

Alat transportasi umum sudah disediakan untuk menunjang perjalanan mudik, namun Kementerian Perhubungan memprediksi bahwa kendaraan pribadi seperti halnya mobil, dan motor masih menjadi pilihan utama.

Jokowi dan Menhub Budi Karya

Menggunakan kendaraan pribadi saat mudik masih menjadi pilihan masyarakat, terlebih dalam kondisi pandemi. Ada berbagai faktor yang membuat kendaraan milik sendiri dipilih sebagai alat transportasi ke kampung halaman.

Diantaranya lebih mudah berpindah tempat sesuai keinginan, bisa menentukan waktu istrahat ketika di perjalanan, dan tidak tergantung waktu keberangkatan seperti halnya menggunakan pesawat, kapal laut, kereta api, atau bus.

Setelah melakukan survei pada Maret tahun ini, Kemenhub mendapatkan hasil bahwa ada puluhan juta penduduk yang akan menuju kampung halaman masing-masing, yang di dominasi dari pulau Jawa.

“Survei yang kita lakukan pada minggu pertama masih 50 juta yang mudik, tetapi survei berikutnya 79 juta,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melansir Viva.co.id, Jumat 8 April 2022.

Berita Terkait
hitlog-analytic