Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Truk Ramah Lingkungan UD Trucks Siap Mengaspal di RI 2022

UD Trucks
Sumber :

100kpj - Menuju era ramah lingkungan, berbagai cara dilakukan oleh produsen kendaraan untuk menekan polusi udara yang dihasilkan dari mesin pembakaran. Mulai dari menerapkan teknologi hybrid, hingga tenaga listrik sepenuhnya sebagai penggerak roda.

Selain itu ada juga yang sekadar menekan kadar emisi dengan menerapkan standar tinggi menyesuaikan peraturan yang diterapkan pemerintah. Masing-masing negara punya kebijakan berbeda-beda, salah satunya di Indonesia yang akan melegalkan standar Euro 4 di tahun depan.

Melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau Euro 4, yang berlaku pada April 2022. Adanya kebijakan tersebut, maka masing-masing produsen sudah mempersiapkan produk yang sesuai.

Salah satunya UD Trucks yang akan memasarkan truk, atau kendaraan komersial dengan kadar emisi gas buang berstandar Euro 4 melalui beberapa produk andalannya.

"Mau gak mau produsen atau pabrikan harus membuat produk dengan standar Euro4 sesuai aturan yang ada. Kalau enggak begitu, enggak bisa jualan. Jadi kita sudah siapkan," ujar Chief Operating Officer Astra UD Trucks Bambang Widjanarko di Jakarta, Rabu 29 Desember 2021.

Distributor truk asal Jepang tersebut akan mengkonversi produk yang sudah ada sebelumnya dari Euro 3 menjadi Euro 4 melalui mesin berteknologi common-rail. Salah satu model yang akan disulap menjadi lebih rendah emisi adalah UD Trucks Quester.

Namun selain itu ada juga beberapa produk terbaru yang belum pernah hadir di RI, namun terkait model tersebut Bambang masih enggan berkomentar banyak.

Berita Terkait
hitlog-analytic