Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tak Pilih RI, Ford Tambah Investasi Rp12,9 Triliun di Thailand

Ford Logo
Sumber :

100kpj – Indonesia tak menjadi pilihan bagi Ford Motor Co untuk menginvestasi. Pabrikan asal Amerika Serikat itu malah menambah investasinya di Thailand sebesar USD900 juta, atau setara Rp12,9 triliun.

Melansir dari Reuters, investasi tersebut untuk memodernisasi pabriknya di Thailand yang mendukung produksi pikap Ranger dan SUV Everest. Ini akan menjadi investasi tunggal terbesar perusahaan di negara.

Investasi itu akan lewat pabriknya sendiri dan AutoAlliance Thailand, yakni perusahaan patungan dengan Mazda Corporation Jepang. Thailand pun jadi pusat perakitan terbesar keempat di Asia.

"Thailand adalah pusat perakitan dan ekspor mobil terbesar keempat di Asia, yang menampilkan beberapa pembuat mobil terbesar di dunia seperti Toyota dan Honda. Industri ini menyumbang sekitar 10% dari PDB dan pekerjaan manufaktur Thailand," bunyi pernyataan Ford.

Ekspansi akan menambah sekitar 1.250 pekerjaan baru di pabrik Ford dan sekitar USD400 juta dari investasi akan digunakan untuk jaringan rantai pasokannya. Ford Thailand Manufacturing (FTM) berharap akan ada 1.250 pekerjaan baru dengan menambah 9.000 orang karyawan.

Setiap tahunnya, mereka sanggup memproduksi 270 ribu unit kendaraan. Di mana, 60 persen produksinya diekspor ke pasar Asia Pasifik, seperti Australia, Selandia Baru, dan Filipina.

Sedangkan produksi Ranger baru akan dimulai di Thailand dan Afrika Selatan, mulai awal tahun depan. Ford sendiri memang sudah angkat kaki dari Indonesia sejak 2016 lalu. Namun, pada 2020 ada rumor mereka akan kembali berjualan mobil-mobilnya Tanah Air.

Berita Terkait
hitlog-analytic