Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil dan Motor Suzuki Buatan Indonesia Laku Keras di Luar Negeri

Suzuki All New Ertiga diekspor
Sumber :

100kpj – PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) sebagai pabrikan kendaraan Suzuki di Indonesia mencatatkan angka ekspor yang positif di tahun ini. Mobil buatannya laku keras di luar negeri yang dikapalkan dalam bentuk utuh dan terurai.

Production Planning Control Assistant to Departmen Head PT SIM, Apriyanto mengatakan, peningkatan ekspor Suzuki memperlihatkan mulai pulihnya pasar otomotif dunia, terutama negara yang memiliki permintaan tertinggi.

Suzuki XL7 di GIIAS 2021

Lebih lanjut dia menjelaskan, mobil buatan lokal yang menjadi penyumbang terbesar adalah XL7 dan Karimun Wagon R. Sedangkan negara dengan permintaan tertinggi adalah Pakistan, Vietnam, Filipina, Thailand, dan Meksiko.

“Melihat tren positif ini, hingga akhir tahun 2021, kami menargetkan untuk mengekspor mobil ke 52 negara tujuan,” ujarnya secara virtual, Rabu 17 November 2021.

Sepanjang Januari-Oktober 2021 penjualan kendaraan Suzuki ke luar negeri meningkat 34 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu untuk CBU (Completely Built Up), dan CKD (Completely Knock Down). 

Model yang menjadi penyumbang terbesar adalah Karimun Wagon R yang di ekspor dalam bentuk terurai ke sejumlah negara dengan kontribusi mencapai 95 persen, dan XL7 sebesar 39 persen yang dikirim secara utuh. 

Berita Terkait
hitlog-analytic